Home / Berita / Sukun Jadi Gudang Industri Rumahan

Sukun Jadi Gudang Industri Rumahan

otonomi-award-sukunSUKUN – Kecamatan Sukun mempunyai keunggulan unik jika dibandingkan empat kecamatan lain di Kota Malang. Meski wilayahnya tidak di jantung pusat kota, tapi kecamatan yang berbatasan dengan Kecamatan Wagir dan Pakisaji (Kabupaten Malang) itu menjadi gudang home industry (industri rumahan).

Beberapa home industry tersebut dipaparkan masing-masing elemen masyarakat di hadapan tim penilai Otonomi Award Lurah-Camat 2015 di kantor Kecamatan Sukun pada Selasa (17/3) kemarin. Di antaranya, budi daya cacing yang sudah diekspor hingga mancanegara, produksi jaket kulit, raket, dan saniter dari bebatuan.

Sekretaris Camat (Sekcam) Sukun Bambang Eddy Irawan memaparkan, home industry menyebar di beberapa kelurahan. Produksi shuttlecock dan raket misalnya, berada di Kelurahan Bandungrejosari. Produksi ini sudah turun-temurun selama puluhan tahun. Sedangkan budi daya cacing ada di Kelurahan Sukun. ”Di Kelurahan Gadang juga ada keripik buah,” kata Eddy.

Maraknya home industry dipicu kreativitas masyarakat. Di tengah banyaknya pengangguran dan dinas tenaga kerja dan transmigrasi (Disnakertrans) kesulitan membuka lapangan kerja, masyarakat Sukun mampu menghidupi dirinya sendiri. Bahkan, membuka lapangan kerja dan menyerap pengangguran.

Sumber : http://radarmalang.co.id/sukun-jadi-gudang-industri-rumahan-12603.htm

About kecsukun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

K pemberian reward dan punishment berbasis kinerja bagi lurah dan pejabat struktural di lingkup kecamatan Sukun Sub bagian perencanaan dan keuangan kecamatan Sukun

SK pemberian reward dan punishment berbasis kinerja bagi lurah dan pejabat struktural ...